Laman

SABAR (Memahami Hakikat Sabar Dalam Islam)

loading...
Kisi2islami.blogspot.com - Memukul dan berkata kotor merupakan bentuk kemarahan yang bisanya terjadi ketika ada sebuah konflik besar. Menahan amarah memang terasa sedikit sulit. Dikala itluah kita membutuhkan pekerjaan yang dinamakan SABAR.

Sabar dalam islam tidak hanya digunakan ketika seseorang sedang marah saja. Pekerjaan sabar harus selalu dihadirkan dalam semua aktivitas. Dalam artikel Kisi2islami.blogspot.com edisi ini, Admin ingin mengajak pembaca untuk sama-sama memahami pengertian sabar, macam-macamnya dan keutamaan bersabar.

Pengertian Sabar Dalam Islam

Di tinjau dari segi bahasa sabar memiliki arti menahan dan kata ini dalam bahasa arab berasal dari kata “sobaro-yasbiru”. Jika kita tinjau secara istilah, sabar merupakan perbuatan untuk kita supaya menahan diri dari segala bentuk kesusahan dan menyelesaikannya dengan cara yang diajarkan syariah.

Tak hanya itu, sabar menurut islam juga harus menjaga pembicaraan kita dari membicarakan aib orang ataupun mencela, kemudian menahan semua anggota tubuh dari segala perbuatan dosa dan maksiat.

Hal ini sangatlah penting untuk kita pahami dan  kita tanamkan dalam hati dan diri kita. Tidak hanya ketika marah ataupun karena cobaan saja. Namun, menahan diri untuk tidak bersikap secara berlebihan seperti pemborosan dalam menggunakan harta juga termasuk kedalam perbuatan sabar.

Setiap kegiatan dan pekejaan yang kita akan lakukan juga harus kita sertakan rasa sabar. Tidak ketika kita memiliki banyak masalah, tapi ketika kita senang pun rasa ini harus selalu hadir.


Macam Macam Sabar

Setelah kita mengetahui pengertian sabar menurut islam, pelajaran selanjutnya yang harus kita pahami bersama adalah mempelajari macam macam sabar. Berdasarkan kesepakatan para ulama, sabar dalam islam terbagi menjadi 3 macam diantaranya :
1. Sabar Ketika Menjalankan Perintah Allah
Beristiqomah dalam melakukan sebuah amalan ibadah merupakan bentuk sabar ketika melaksanakan perintah Allah subhanahu wata’ala. Bersabar ketika menjalankan semua perintahnya, karena Allah sudah menyiapkan sebuah hadiah besar kepada manusia berupa surga.

Allah subhanahu wata’ala berfirman :
(24)إِنَّا نَحْنُ نَزَّلْنَا عَلَيْكَ الْقُرْءَانَ تَنْزِيلاً(23) فَاصْبِرْ لِحُكْمِ رَبِّكَ
“Sesungguhnya Kami telah menurunkan Al Qur’an kepadamu (hai Muhammad) dengan berangsur-angsur. Maka bersabarlah kamu untuk (melaksanakan) ketetapan Tuhanmu.”
(Al-Insaan :23-24)

Tidak khuayuk, tergesa-gesa, dan gangguan lainnya dalam melaksanakan ibadah merupakan pertanda tidak hadirnya rasa sabar dalam jiwa kita. Karenanya menghadirkan rasa sabar dari mulai ibadah shalat, zakat, puasa, dakwah, dan ibadah lain-nya, kita harus senantiasa bersabar dalam menjalani-nya.
2. Sabar Dengan Apa yang Allah Larang
Mungkin banyak orang yang bertanya “Kenapa setiap apa-apa yang Allah larang itu enak ?”. Pertanyaan tersebut mungkin pernah terlintas dalam benak kita. Saudaraku, hal tersebut merupakan salah satu bentuk godaan setan yang harus kita lawan.

Allah subhanahu wata’ala berfirman :
“Dan sesungguhnya iblis telah dapat mem­buktikan kebenaran sangkaannya terhadap mereka lalu mereka mengikutinya, kecuali sebagian orang-orang yang beriman. Dan tidak ada kekuasaan iblis atas mereka, me­lain­kan hanyalah agar Kami dapat membe­dakan siapa yang beriman kepada adanya kehidupan akhirat dari siapa yang ragu-ragu tentang itu. Dan Rabbmu Maha Meme­lihara segala sesuatu.”
(Q.s. Saba’ : 20-21)

Semua kenikmatan tersebut hanya bersifat sementara, semua kemaksiatan bukankah berakhir kecuali di neraka. Bersabar didalam menahan diri dari apa yang dilarang Allah dengan tetap yakin bahwa semua hal yang Allah perintahkan ataupun yang dilarang itu pasti ada maksudnya.

Tidaklah Allah SWT melarang kita untuk berbuat dosa, kecuali dalam dosa itu pasti ada sebuah kerugian yang akan didapat jika kita melakukannya.
3. Sabar Terhadap Apa yang Sudah Allah Takdirkan
Salah satu bentuk sabar menurut islam adalah bersabar dengan takdir yang sudah Allah tetapkan kepada hambanya. Terlahir di keluarga miskin atau dengan kondisi fisik yang kurang, maka sabar merupakan jalan yang paling baik. Percayalah, jika kita menghadapinya dengan rasa sabar maka Allah akan memberikan ganjaran kepada kita berupa surga.

Rasulallah Shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:
Sesungguhnya Allah SWT berfirman“Jika hambaku diuji dengan kedua matanya dan dia bersabar, maka Aku akan mengganti kedua matanya dengan surga” (HR. Bukhori).


Keutamaan Orang Yang Bersabar

Sebenarnya ada banyak sekali keutamaan sabar menurut islam yang bisa didapatkan ketika seorang muslim ketika ia bersabar dalam setiap kondisi. Namun pada artikel ini akan disebutkan beberapa keutamaan berdasarkan dalil yang terdapat dalam Al-qur’an ataupun hadits. Diantara keutamaan bersabar adalah :
1.  Allah Memuji Orang-orang yang Bersabar
Orang-orang yang jujur dalam hatinya beriman dan bersabar atas ujian yang Allah berikan akan pujian kepadanya. Hal ini terdapat dalam firman Allah Subhanahu wata’ala yang berbunyi :

Bukanlah menghadapkan wajahmu ke arah timur dan barat itu suatu kebajikan, akan tetapi sesungguhnya kebajikan itu ialah beriman kepada Allah, hari kemudian, malaikat-malaikat, kitab-kitab, nabi-nabi dan memberikan harta yang dicintainya kepada kerabatnya, anak-anak yatim, orang-orang miskin, musafir (yang memerlukan pertolongan) dan orang-orang yang meminta-minta; dan (memerdekakan) hamba sahaya, mendirikan shalat, dan menunaikan zakat; dan orang-orang yang menepati janjinya apabila ia berjanji, dan orang-orang yang sabar dalam kesempitan, penderitaan dan dalam peperangan. Mereka itulah orang-orang yang benar (imannya); dan mereka itulah orang-orang yang bertakwa.
(Qs. Al-Baqarah : 177)

Imam Ibnul Qayyim berkata : “bahwa ada banyak pujian Allah terhadap orang orang yang besabar didalam Al Qur’an. Sehingga keberadaan sabar dalam mengahadapi ujian dan cobaan dari Allah subhanahu wata’ala itu benar-benar menjadi standar keimanan dan ketaqwaan kepada Allah subhanahu wata’la. Dikutip dari kitab Madarijus Salikin 2/152 karya Al Imam Ibnu Qoyyim.
2. Allah Bersama Orang-Orang yang Sabar
Allah subhanahu wata’ala berfirman Dalam surat Al-Anfal ayat ke 46 yang berarti:

وَأَطِيعُوا اللَّهَ وَرَسُولَهُ وَلَا تَنَازَعُوا فَتَفْشَلُوا وَتَذْهَبَ رِيحُكُمْ ۖ وَاصْبِرُوا ۚ إِنَّ اللَّهَ مَعَ الصَّابِرِينَ
Dan taatlah kepada Allah dan Rasul-Nya dan janganlah kamu berbantah-bantahan, yang menyebabkan kamu menjadi gentar dan hilang kekuatanmu dan bersabarlah. Sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar.
(Qs. Al-Anfal : 46)

maksud dari ayat diatas adalah Allah subhanahu wata’ala akan memberikan penjagaan dan menolong orang-orang yang senantiasa bersabar didalam menghadapi cobaan. Bahkan Dalam surat Ali Imran ayat 125 Allah benar-benar menjamin keselamatan orang yang bersabar dengan menurunkan 5000 malaikatnya.

Sebagaimana pula diterangkan dalam hadits berikut ini:
وَاعْلَمْ أَنَّ النَّصْرَ مَعَ الصَبْرِ
“Ketahuilah olehmu! Bahwasannya datangnya pertolongan itu bersama dengan kesabaran.”
(HR. At Tirmidzi, dari shahabat Ibnu ‘Abbas radhiallahu ‘anhuma)
3. Orang yang Bersabar Mendapat Ganjaran Lebih Baik.
Allah subhanahu wata’ala akan memberikan ganjaran yang berlipat kepada orang orang mau bersabar dalam menjalankan setiap aktivitasnya. Ganjaran tersebut tentunya akan melebihi usaha atau amalan yang ia lakukan yang dilakukan tanpa menghadirkan rasa sabar.

Sebagaimana firman-Nya subhanahu wata’ala:

“Dan sesungguhnya Kami memberi balasan bagi orang-orang yang sabar dengan ganjaran yang lebih baik dari apa yang telah mereka kerjakan.”
(An Nahl : 126)

Dalam ayat lainnya, Allah subhanahu wata’ala menjanjikan kepada orang orang yang bersabar untuk memberikan jaminan ganjaran tanpa hisab (tanpa batas). Salam ayat yang lainnya Allah subhanahu wata’ala firman-Nya :

“Sesungguhnya orang-orang yang bersabarlah yang akan dipenuhi ganjaran mereka tanpa batas.”
(Az Zumar : 10)

Demikianlah pembahasan kita mengenai Sabar menurut islam, macam-macamnya dan keutamaan yang Allah berikan kepada orang yang mau bersabar. Kurang lebihnya mohon dimaafkan, jika ada redaksi ayat atau hadits yang kami cantumkan salah tolong di ingatkan. Sekian dan terimakasih…

loading...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar